10 December 2012

Babtipsan [GKIS-25 November 2012]

Babtipsan : mengekspresikan diri kepada publik bahwa kita ini adalah milik Kristus. Ekspresi ini berupa tindakan [kepada publik] atas Iman, yang dapat dilakukan dalam berbagai macam bentuk. Seorang anak dibabtis karena anugerah Allah yang di-ekspresikan oleh keluarganya [orang-tuanya]. Kisah Para Rasul 2 : 39. Babtisan itu berdasarkan perjanjian kepada Allah - berupa janji!. Akal budi pemikiran, tidak boleh menjadi syarat agar orang itu dibaptis.

1.       Baptis menjadi tanda keluar / dimeteraikan. Kita mati bersama Kristus dan kita bangkit menjadi milik Kristus [Roma 6]. Baptisan merupakan meterai / tanda, bahwa saya Milik Allah secara publik [kepada umum].

2.       Baptisan merupakan sebuah proklamasi publik, bukan cuma sekedar ritual gereja atau ntuk memenuhi aktivitas gereja.

3.       Baptisan merupakan tanda bahwa kita adalah anggota Gereja

Baptisan Roh.

1.       Gereja tertentu membedakan baptisan air dan baptisan Roh. Baptisan Roh manifestasinya adalah bahasa Roh

2.       Kita menolak [GKI] Kis. Rasul 2, sebab baptisan air dilakukan dalam nama Bapak, Anak & Roh Kudus [Matius 28 : 19 | 1 Koritus 12 : 13]

Jadi bahasa Roh dalam Alakitab [yang dimaksud adalah] bahasa asing. Bahasa roh tidak spektakuler / expresif, namun yang dipenuhi oleh bahasa roh kudus pertama [dalam] alkitab ada di Keluaran 31 : 1-3, yang bernama Besalia, dibawah / dipimpin oleh bayangan Allah, dia adalah tukang yang penuh tanggung-jawab dengan ketaatan kepada Allah, dibawah tuntunan Allah / dibawah Roh Allah. Kita dibaptis dalam nama Bapak, Anak dan Roh Kudus [Tritunggal dan bukan Terpisah].

Cara pembaptisan yang kita lakukan hanyalah dipercik. Baptis / baptiso artinya membersihkan, membawa obyek ke dalam air, membawa air kepada obyek [percik]. Membawa air kepada objek merupakan pilihan GKI, adalah untuk membersihkan, tetapi dengan cara yang ke-3 yaitu hanya melakukan percikan.

3.       Tidak ada ayat manapun yang menjelaskan babtisan adalah melalui selam

4.       Kasus Baptisan Yesus [Markus 1 : 9-10], baptisan sida-sida [Kis. 8 : 36-39], baptisan Yohanes [1 Yoh. 1 : 25] Nubuat PL tentang baptisan yang dillakukan Mesias, Elia atau Nabi [Yehezkiel 44 : 3, Yehezkiel 36 : 25-27. Pencurahan air dari atas ke bawah, 2/ Roh Kudus bekerja 3/ memperbaharui.

Catatan ibadah GKI-S tanggal 25 November 2012 – mohon maaf kalau catatan ga lengkap atau ayat alkitab tercantum tidak sempurna, karena saya hanya mencatat dari Kotbah Pendeta, dan saya bukan pendeta, yang hanya ingin sharing catatan pribadi Kristiani yang saya percaya.