GKI.S : Makna Perjamuan Kudus Dalam Ibadah

SUN, JAN 27, 2013 | 18:15:59
Pemahaman yang keliru tentang hakikat Sakramen Perjamuan Kudus mengakibatkan pemahaman yang keliru juga tentang hal-hal yang terkait dengannya. Kita perlu mengingat dan memahami kembali apa makna Perjamuan Kudus, yang bukan ajang diskon atau penghapusan dosa. Sakramen tidak ditemukan dalam alkitab, sakramen berasal dari tradisi Romawi, Sakramento, untuk dua hal :
1. Sumpah setia prajurit kepada Kaisar. Komitmen mereka untuk melayani kaisar sampai mati.
2. Digunakan ketika ada 2 orang berperkara, mana yang belum dapat ditentukan mana yang benar. Mereka menyerahkan sejumlah uang ke kuil, atau jaminan, urusannya bukan antara manusia, dan terhadap yang menang uang atau jaminan ini dikembalikan (sakramentum), janji ini bukan antara manusia saja tetapi lebih sakral dengan melibatkan dewa/dewi.
Sacramentum : sumpah setia kepada kaisar | uang tanggungan yang harus diletakan di kuil oleh 2 orang yang berperkara. Berasal dari kata sacer = kudus, perbuatan atau perkara yang kudus.
Sakramen yang di adopsi oleh gereja, memiliki pengertian Tanda dan meterai yang ditetapkan oleh Tuhan Allah untuk menandai dan memeteraikan janji Allah. Kita hanya merayakan dua sakramen (khusus Protestan), di Roma Katholik ada 7 sakramen, memang dasar pemikirannya berbeda, maka hasilnya berbeda.
Sakramen merupakan 'Tanda' memiliki suatu yang memiliki pembeda, dan 'Meterai' untuk meneguhkan, menguatkan dan menjamin bahwa ia milik Tuhan. Tanda dan meterai yang ditetapkan oleh Tuhan Allah untuk menandai dan memeteraikan janji Allah bahwa karena korban Kristus di Kayu saling kita yang percaya dianugerahi pengampunan.
Simbol tidak identik dengan realitas, misalkan simbol babtisa kudus adalah air, apakah jumlah airnya banyak atau sedikit, atau babtisan selam, semua maknanya SAMA, karena hanya simbol. Simbol dalam perjamuan kudus ada Roti dan Air Anggur, dan itu hanya simbol yang sangat penting.
Perjamuan kudus juga merupakan Peringatan, di lain pihak PK juga merupakan harapan/komitmen (diingatkan kembali).
Transubstansiasi dalam ibadah Roma Katholik : terjadi perubahan substansi roti dan anggur berubah menjadi Tubuh dan Darah Kristus. Perjamuan kudus sebagai tanda, sebagai meterai (apa yang Tuhan janjikan itu Benar). 19:10:54