02 May 2013

GKIS-31 Maret 2013 : Perjumpaan Yang Menakjubkan

Pernahkah kita berjumpa dengan Yesus? Tak ada bukti, namun perjumpaan itu mengesankan + menakjubkan.
4 injil dalam kitab suci yang menceritakan perjumpaan Yesus, tidak pernah kepada orang2 hebat! Ia datang ke orang2 kecil, ketakutan, tertindas. Injil Lukas juga menceritakaan perjumpaan Yesus dengan Kleopas penduduk di Emaus, sebuah kota kecil. Mereka orang2 yang sangat kehilangan harapan, karena kehilangan Yesus. Digambarkan dua orang ini seperti menuju ke gelapan (sebagai ilustrasi) mereka tidak mengenal Yesus dari wajah dan suaranya, mereka tidak mengenal Yesus karena pengharapan Yesus tidak terpenuhi. Itulah ungkapan pengharapan mereka sudah mati. Dalam kekecewaan itu ada hal2 yang tidak terpenuhi (mungkin / bisa juga kepada Tuhan) kemarahan manusia bisa mengakibatkan mata kita buta kepada Tuhan terhadap rancangan2 Tuhan. Tetapi Tuhan tidak mengecewakan mereka (mereka bercakap-cakap) Perjumpaan itu membuat mereka takjub, mereka sekarang menuju matahari terbit, mereka berubah!. Kisah ini pembelajaran bagi kita, melalui perjumpaan ini menginspirasi kita, berobah menuju kepada arah matahari terbit, yang mendatangkan berkat dalam kehidupan! Tuhan tetap mau memelihara kita, Tuhan mau tampil ke tengah2 kita.
Yesus menyelami keberadaan kita, Yesus menyadari keberadaan kita, Yesus menyadari apa yang kita rasa / harapkan. Kebangkitan dan perjumpaan ini yang membuat kita BERUBAH, agar terarah kepada Yesus! Apakah kebangkitan Yesus telah merubah hidup kita, kebangkitan Yesus menjadi orientasi hidup kita kepada Tuhan Yesus.
Perjumpaan yang menakjubkan mengajak kita me-Refleksikan kembali hubungan kita dengan Tuhan secara bersemangat, buang selubung yang menghalangi mata kita kepada Tuhan, telinga kita mendengar dan membawa kesaksian kepada Tuhan. Buat dan lakukan yang baik terhadap Tuhan dan sesama kita.
Lukas 24:36 Dan sementara mereka bercakap-cakap tentang hal-hal itu, Yesus tiba-tiba berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata kepada mereka: "Damai sejahtera bagi kamu!" Rgs 19:10:35