23 May 2013

GKI.S : berkemenangan mengatasi penderitaan

Apa yang dianggap akhir oleh manusia, merupakan permulaan bagi Yesus. Berberda dengan kematian Yesus dibanding orang2 besar di dunia, Yesus mengatakan "sudah selesai", Ia tidak berhutang, beda dengan manusia yang mati pasti ada banyak hal yang belum selesai (hutang) - Sudah selesai - Yunani - Tetelestai berbeda dengan Eteluson (benar2 selesai). Disini Yesus menggunakan Tetelestai dalam arti yang akhir, yang merangkum perjalanan semua yang sudah dijalankan, masa lalu masa sekarang dan dampaknya akan terasa hingga di masa depan. Kata tetelestai itu memiliki relasi dengan masa lalu (Yoh 13:1) Ia mengasihi mereka sampai pada kesudahannya sampai tuntas sampai sempurna (tetelestai diatas kayu salib), Ia mengasihi kita sampai selamanya sampai kesudahannya, sampai sempurna Ia terus mengasihi kita. Yesus menyatakan sudah selesai dengan perasaan lega, pengucapan syukur kepada Bapa di Sorga, bagi dan untuk kepentingan kita semua.

Itu makna jumat agung yang oleh karena kita perlu mengenangnya. Sudah selesai bagi manusia, padahal belum selesai segalanya! Yang merupakan tanggung jawab kita kepada Kristus!

Anugerah Allah adalah anugerah yang murah tapi tidak murahan. Berkemenangan mengatasi penderitaan, dan kaitannya dengan kalimat Yesus "sudah selesai" artinya Yesus sudah memenangkan segala penderitaan dunia, kita perlu menyadari bahwa Ia sudah menjamin kemerdekaan bagi kita, Kristus telah menyelesaikannya bagi kita, karena itu kita perlu menyadari bahwa segala penderitaan kesulitan, tidak akan mengakhiri kasih Kristus kepada kita, salib Kristus sudah menyelesaikan segala penderitaan kita. 10:24:47 | 29 Maret 2013
rgs