23 May 2013

GKI.S : Janji Selamat Tuhan yang dibalas dengan kejahatan

18:41:43
Doa Bapak kami dengan tegas mendekatkan kita kepada Allah. Bagaimana sikap kita sebagai anak kepada Allah? Lukas 13: 31-35. Orang farisi menyampaikan kepada Yesus bahwa Raja Herodes akan membunuh Yesus, orang farisi adalah dekat dengan Istana. Justeru ada beberapa orang farisi yang pro dengan Yesus, maka ia memberikan informasi kepada Yesus. Tapi sebaliknya, orang farisi ini diberi tugas berat, yaitu untuk menyampaikan pesan kepada "si-srigala", suatu pesan yang cukup keras (berat). Herodes : memenggal kepala Yohanes Pembabtis, memburu Yesus yang berumur 2 tahun (membantai anak2), sehingga cukup beralasan Yesus cukup keras dengan menyebutnya srigala.
Yerusalem tempat yang cukup keras, nabi dilempari batu, Yesus juga tau Dia harus menjalankan tugasnya di Yerusalem, 3 hari lagi, dan disana Dia akan menyelesaikan tugasnya. Keluhan Yesus berlanjut terhadap Yerusalem, digambarkan seperti induk ayam yang ingin melindungi anak2.nya dari bahaya. Artinya Yesus ingin mengumpulkan orang2 beriman diajarkan "pernyataan kasih Allah" tapi mereka menolak. Yerusalem adalah representasi dari orang2 yang menolak cinta kasih Yesus, ditolak, bahkan dihabisi.
Kita diberikan kekuatan, kecerdasan, kesehatan, talenta, kepandaian, pengampunan dari Tuhan untuk dimanfaatkan positif bagi kehidupan kita. Apakah kita mau berterimakasih kepada Tuhan? Apakah segala yang baik, kita mai berbagi / sharing dengan yang lain? Menyerahkan diri, tenaga, harta, kepandaian untuk kemuliaan namaNya.
Ada hal-hal yang membuat kita gagal karena terkesan Tuhan diam dan tanpa memperhatikan kita, katanya ikut Yesus bahagia tapi kenyataaannya ia menjadi menderita. Ketika ini terjadi, banyak orang kristen kecewa kepada Tuhan. Orang justeru mengalami pergumulan, akhirnya banyak orang lelah melayani orang lain, kebanyakan orang meminta tanpa berfikir untuk melayani. Banyak orang gagal, ketika berbagai kelelahan kita alami. Kita harus terus menjadi pengikut dan melayani Tuhan.
Herodes tidak menyambut cinta kasih Tuhan, ini tidak boleh di contoh, karena semua itu karunia Tuhan, tapi ia herodes ingin melanggengkan kekuasaannya, dengan cara menyingkirkan Yesus. Justeru di Yerusalem menolak ajaran nabi, janji keselamatan Tuhan, semua dibalas dengan kejahatan. Anak2 Tuhan tidak boleh meniru.
Kita harus mencontoh kepada Abraham, dijanjikan menjadi Bapak yang besar! Abraham tidak melihat isi janji Tuhan, tapi abraham percaya kepada Tuhan. Paulus (Filipi 3), ketika orang jatuh pada duniawi, Paulus justeru memberi peringatan Berdirilah Teguh Tetaplah Pada Yesus, Cinta Kasih Yesus akan Kekal Selamanya. Ia mengajak jemaat filipi tahan menghadapi tantangan, karena dunia ini dan segala isinya adalah bersifat sementara.
Mazmur 27:9 Janganlah menyembunyikan wajah-Mu kepadaku, janganlah menolak hamba-Mu ini dengan murka; Engkaulah pertolonganku, janganlah membuang aku dan janganlah meninggalkan aku, ya Allah penyelamatku!
Mazmur 27:11-14 Tunjukkanlah jalan-Mu kepadaku, ya TUHAN, dan tuntunlah aku di jalan yang rata oleh sebab seteruku.
Janganlah menyerahkan aku kepada nafsu lawanku, sebab telah bangkit menyerang aku saksi-saksi dusta, dan orang-orang yang bernafaskan kelaliman.
Sesungguhnya, aku percaya akan melihat kebaikan TUHAN di negeri orang-orang yang hidup!
Nantikanlah TUHAN! Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu! Ya, nantikanlah TUHAN!
Sun, Feb 24, 2013
19:13:11
rgs-n