26 May 2013

GKI.S Roh Hikmat Sang Penyata Diri

Yohanes 16 : 13 ditolak oleh agam lain dengan alasan diputarbalikan. Yoh.16:8 Tuhan Yesus berjanji akan datang menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman. Sastra hikmat : amsal, mazmur, ayub. Mengangkat tinggi arti hikmat / wisdom.
Ayub merupakan kitab yang ajaib, yang memberikan contoh kepada orang yang benar baik tapi diberikan bermacam-macam musibah diberikan kepadanya.
Hikmat (ibrani Hokmah). Himat sebagai bagai seorang perempuan, yang mengundang semua orang untuk datang kepada hikmat. Hikmat dipertentangkan dengan kebodohan (juga diibaratkan seorang perempuan yang bodoh, bebal dan cerewet) - digambarkan dalam kitab Amsal (yunani : heisofia), dan dalam sosok lain dipertentangkan dengan kebodohan. Hikmah bagai permata yang sangat indah.
Matius 25 : marilah terimalah tempat kemuliaan disebelah kanan Bapa. Dualisme yang selalu diperhadapkan kiasan dalam alkitab :
Gandung / Lalang
Domba / Kambing
Bijak / Bodoh
Kanan / Kiri
Hikmat mengajarkan kita untuk selalu mengambil sikap yang baik. Hikmat membuat kita panjang umur, karena hikmat memberikan kita pnegetahuan untuk memilih dan membuang yang buruk.
Sudah lebih 800 orang didunia yang memperoleh hadiah nobel, sejak muncul di abad ke 20. Ramos horta, juga memperoleh hadiah nobel (orang timor timur) karena upaya perdamaian umat manusia.
Kristus adalah kekuatan dan hikmat Allah. Hikmat yang kamu cari ada pada Kristus, karena itu carilah hikmat pada Kristus (walaupun sudah ada para filsof yunani seperti socrates dan aristoteles), hikmat yang utama sudah ada pada Kristus, maka itu lihatlah kepada Kristus.
Allah Bapak dan Roh Kudus, ulangan 6 : 4, Allah yang esa telah mewududkan dalam 3 hal yaitu Allah Bapa dan Roh Kudus. Kiasan bisa diperoleh dalam bentuk matahari (panas, sinar, terang) atau air (uap, es, air) tapi Allah melebihi kiasan ini.
Kata Tritunggal tidak akan pernah temukan kata tritunggal di dalam alkitab, namun pengertian ini ada pada alkitab Matius 28:11 dalam nama Bapak Anak dan Roh Kudus. 1 Yoh 3:7 ketiganya adalah satu. Berkat yang disampaikan setiap kali kita 2 Kor 13:13. Dogma tritunggal upaya kita untuk bisa / berusaha mengerti Allah yang begitu mulia dan misterius. Dalam keterbatasan kita Allah yang esa percaya Allah Tritunggal. Pengalaman hidup kita tidak akan terlepas dari Allah Tritunggal, baik dalam kehidupan sehari-hari. Secara sadar atau tidak sadar kita selalu berdoa dengan Allah Tritunggal, karena kita berdoa kepada Bapa yang tidak mungkin jika tidak melalui Yesus dan disampaikan dengan bantuan oleh Roh Kudus.

rgs
Sun, May 26, 2013
18:58:24
rgs-m